Sepiring *bukan semangkuk* Soto Banjar :9

on Rabu, 16 Maret 2011
sepiring soto banjar :9
Soto jawa, soto madura,  soto kudus, soto kuali, soto lamongan, soto sulung, soto apa lagi? Semua soto-soto itu gampang banget ditemui di Jogja, dari mulai soto di belakang SMP 5 dulu langganan saya *kayaknya soto jawa sih*, soto bu sugeng di kantin SMA 3 *another soto jawa*, soto kuali di sebelah SD Muh. Ngupasan yang porsinya seuprit banget *yeah buat anak SD cukuplah, walau mahal beudh harganya*, sampe berbagai soto dengan brand terkenal macam soto sawah, soto pak slamet, soto kadipiro, cukup deh membuktikan kalo Jogja emang gudang berbagai macam soto. Jangan lupakan juga coto makassar. Lengkap deh :D

Soto banjar? Selama saya di jogja, saya baru nemuin 4 tempat yang menyediakan masakan ini.
Yang pertama di kotabaru, depan gereja kotabaru, sebuah warung tenda kecil, hmm lumayanlah :)
Yang kedua di deket bulaksumur residence, cuma liat ada spanduknya 'soto banjar' *waktu itu lagi jalan abis LDO kayaknya*, cuma lewat doank. Belum tau deh rasanya orisinil gag.
Yang ketiga dan kayaknya lumayan tenar, Kindai yang di gejayan itu. Selain soto banjar juga nyediain nasi kuning banjar yang oke banget :D. Kalo saya ke situ sih lebih suka nasi kuning daripada sotonya. Sotonya biasa aja sih menurut saya :p
Yang keempat dan paling tenar : soto banjar bikinan mamaaaa :D *ehem, tenar di lingkungan RT dan temen2 papa*. Haha beneran nih, gatau kenapa tiap ada acara di RT atau lagi ada temen papa latian band di rumah, mama sering banget mengeluarkan masakan supernya : soto banjar. Mau syawalan kek, tujuh belasan kek, kartinian kek *bahkan di RT saya kartinian juga diperingati, super sekali..*. Acara-acara itu emang dimulai dengan khidmat, penuh sambutan ini itu, endingnya : karaokean bapak-bapak ibu-ibu disambi menikmati soto banjar. Tinggalah saya menjadi laden *walaupun seringan ngumpet di rumah :p*. Oke, intinya soto banjar mama saya sangat legendaris *di jogja, buat saya*.

Tapi emang deh, di luar kodrat saya yang emang aslinya orang banjarmasin sana, buat saya soto banjar ini emang unik, beda dari yang lain *ceileh*. Biasanya soto pake mangkok kan? kalo soto banjar yang orisinil egag, malah pake piring. Trus soto ini juga bakal rada aneh rasanya kalo dimakan pake nasi, enaknya pake ketupat. Jangan lupa harus ada perkedel juga. Bumbu-bumbunya juga banyak banget, sampe-sampe temen saya yang pernah nyicipin bilang kalo soto banjar rasanya kayak jamu -_________-. Padahal itu enak banget. Lebih enak lagi kalo makannya di pinggir sungai sambil liat klotok *perahu yang bunyinya berisik* hilir mudik. Orisinil banget deh kesan 'banjar'nya :9

Tiba-tiba jadi kepikiran aja, gimana ya kalo saya ama mama buka warung soto banjar di sini? Dengan kedahsyatan resep mama, woooo jangan diragukan lagi, hahaha :D. Lumayan deh melestarikan budaya nenek moyang di tanah jawa ini *apa coba*. Amin deh semoga suatu saat kesampaian. Yang penting kamu belajar masaknya dulu yoon untuk melestarikan resep turun temurun, jangan cuma bisanya makan -_____-".

p.s. : ngidam soto banjar -_______-

1 comment:

Anonim mengatakan...

Coba deh Soto Banjar di Kedai Bu Eni. Di Foodcourt Indogrosir Lantai 2 Jl. Magelang KM 6.5 Jogja. Rasanya nendang :)

Posting Komentar

speak up! ;)