Appreciate and Being Appreciated

on Sabtu, 07 April 2012
apresiasi (noun) : 1 kesadaran thd nilai seni dan budaya; 2 penilaian (penghargaan) thd sesuatu; 3 kenaikan nilai barang krn harga pasarnya naik atau permintaan akan barang itu bertambah; 

mengapresiasi (v) : melakukan pengamatan, penilaian, dan penghargaan (msl thd karya seni)

Setiap orang ingin diapresiasi atas tindakan yang telah dilakukannya.  Tentu saja dalam tindakan yang positif. Diapresiasi dan mengapresiasi itu cukup sulit, menurut saya. Tapi itu membentuk kita. Misalnya, saya pernah menemani anak-anak latihan menggambar untuk lomba, mereka mengatakan bahwa menggambar itu sulit, tidak ada pewarna lah, tidak ada ini lah, itu. Sampai akhirnya mereka dilatih, bagaimana mereka sebaiknya mewarnai. Saya dikasih satu lukisan mereka, yang cukup bagus menurut saya, tapi si anak tidak pede. Saya tunjukkan itu kepada ayah saya *yang seniman haha*, papa saya bilang itu bagus sekali, saya sampaikanlah itu kepada anaknya. Anak itu pun tersipu, dan selanjutnya dengan giat menggambar, sering memberikan gambarnya kepada mbak-mbak yang ditemuinya, dan cukup bersemangat ikut lomba menggambar. Menakjubkan melihat bagaimana 'apresiasi kecil' bekerja :)

Pun begitu dengan diri sendiri, mengapresiasi diri sendiri itu, kadang tidak mudah. Pernah saya bertanya pada senior yang banyak pengalaman, apa yang harus ditulis tentang diri saya untuk suatu form. Dia bilang, blablabla, dan saya merasa itu tidak seperti itu. Saya malas, saya tertutup, saya tidak ambisius, saya blablabla, kadang justru menyangkal opini positif dari orang. Saya merasa menulis hal baik tentang diri sendiri itu berlebihan. Dan senior saya pun berkata : "Itu bukan berlebihan, itu apresiasi diri". Saya tersentak, saya tidak mengapresiasi diri sendiri?

Menurut saya, apresiasi beda dengan pujian. Apresiasi membangun, sedang pujian justru sering menjatuhkan. Apresiasi lahir atas kerja kita, pujian kadang lahir dari hal-hal yang melekat pada kita. Apresiasi menuntut kerja dan hati lebih keras, pujian justru kadang melemahkan hati. Jadi, mari belajar mengapresiasi dan diapresiasi! :)

0 comment:

Posting Komentar

speak up! ;)