A Thousand Splendid Suns–Khaled Hossein

on Kamis, 23 Agustus 2012
 

Rahim tak akan melar atau berdarah karena harus menampungmu.
Akulah satu-satunya orang yang mencintaimu.

Mariam adalah harami –anak haram-. Fakta itu membayangi seumur hidupnya. Tidak ada yang menginginkan seorang harami. Ditolak ayahnya, karena dia ibunya gantung diri, menikah di usia 15 tahun dengan duda berumur, menjalani kehidupan yang keras. Hingga akhirnya ia bertemu dengan Laila, istri muda suaminya. Justru Laila dan anaknya lah yang memberikan cinta pada Mariam.

Laila, remaja Afghanistan yang bahagia, awalnya. Walaupun bagi ibunya, ia hanya menjadi bayangan kakak laki-laki nya yang ikut perang, namun bagi ayahnya, Laila adalah cahaya. Ayahnya mengajarkan pengetahuan dan mendidiknya menjadi wanita terpelajar. Hingga akhirnya roket menyerang rumahnya. Hanya Laila yang selamat, bersama janin Tariq, ternyata. Kabar meninggalnya Tariq pun membuat Laila mau menjadi istri kedua suami Mariam, agar anaknya tidak menjadi harami. Kehidupan keras, dan Mariamlah yang akhirnya ‘menyelamatkannya’.
Khaled menceritakan kehidupan wanita di Afghanistan mulai zaman penjajahan Soviet, revolusi oleh Mujahidin, hingga Taliban. Berlatar di Afghanistan, hidup tidak pernah mudah bagi wanita disana. Mulai dari lahir hingga menikah pun, semua terasa mengerikan, setidaknya di novel ini. Setelah baca ini, mungkin para wanita banyak yang jadi lebih feminis –_-“. Well, how tragic is your life, even no one want you, you’ll find someone who really cares of you. Like Mariam and Laila :')

0 comment:

Posting Komentar

speak up! ;)