Perjalanan Rasa - Fahd Djibran

on Senin, 31 Desember 2012


Ada tulisan tentang mama dan ayah, kenangan dan harapan, kebebasan dan kegelisahan, keinginan dan keikhlasan, pun jodoh dan sahabat. Satu buku, sejuta rasa. Buku ini disajikan dengan gaya yang beda, setiap kata terakhir dari suatu tulisan adalah judul tulisan berikutnya. Awesome! Membaca buku ini, bukan seperti membaa suatu cerita, tapi kayak ngobrol sama diri sendiri, mencocokkan dengan diri sendiri. Misalnya di tulisan berjudul Mama, kita akan terbawa refleksi, bahwa benarkan mama adalah 'prioritas'  seperti yang sering sekali diucapkan orang-orang yang ngaku cinta dengan mama? Atau di tulisan berjudul Persepsi, benarkan kita sebebas seperti yang kita persepsikan selama ini? Atau harapan-harapan baru tentang Doa kita, seberapa besar kita mempercayainya?

A very nice book to read in the end of the year :')

-Semua luka akan sembuh, tetapi tidak semuanya akan hilang 

2012 in A Post

#best book : Muhammad 1&2 oleh Tasaro GK



#best writer : Fahd Djibran (http://www.fahdisme.com/)

#best movie : Habibie&Ainun


#best musician : endah n rhesa

#best song : mimpi takkan berlari - endah n rhesa

#best moment : setiap mencoret barisan harapan 2012 :)

#best hero : MOM!

#best place : home sweet home, Yogyakarta -ever after-

- to be continued-

Kinanthi Terlahir Kembali - Tasaro

on Minggu, 16 Desember 2012

Kinanthi adalah anak ndeso dan Gunungkidul, yang lahir dalam keluarga yang 'tidak jelas'. Ayahnya penjudi, ibunya menikah 4 kali, kakak-kakaknya pergi. Hanya Ajuj, putra rois desa yang menjadi temannya. Kinanthi tidak pernah mengerti mengapa dia tidak bisa seperti anak lain yang punya banyak teman, bahkan akhirnya dia dijual oleh orangtua nya seharga beras 50kg. Petualangan hidupnya dimulai,sekolah di Bandung, menjadi TKW di tanah Arab dan memiliki majikan-majikan biadab. Hingga akhirnya terdampar di Amerika, yang kemudian menjadi tanah kebebasannya. Kisah hidupnya yang keras membuatnya berusaha keras untuk memiliki identitas baru : Kinanthi Hope, Profesor dan penulis ternama di Amerika. Siapa sangka anak dusun terbuang itu akan dihormati di Amerika? Hanya satu yang tak berubah, surat-surat yang dikirimkannya pada Ajuj. Galaksi Cinta yang pernah diceritakan oleh Ajuj 16 tahun yang lalu. Dan rasa penasarannya kenapa Ajuj tidak pernah membalas suratnya.

Ini buku terbaru Tasaro, salah satu penulis favorit saya :D. Penasaran banget sama buku ini, dari quote-quote yang di-spoiler, bikin mupeng semupeng-mupengnya. Yeah quote nya galau-galau sih hihi :p. Secara cerita, masih bagusan duo Muhammad :). Di buku ini, rasanya agak gag realistis Kinanthi tahu-tahu bisa jadi profesor di usia 29-an .___. Apakah di Amerika itu lazim? Yah setidaknya, perjalanannya menemui Ajuj, pergolakan batinnya ketika udah ketemu sama Ajuj, cukup oke mengaduk-aduk perasaan hehe. Still 2 thumbs up for Tasaro! :)

- Suatu saat, mencintai adalah memutar hari tanpa seorang yang kaucintai. Sebab, dengan atau
tanpa seorang yang kau kasihi, hidup harus terus berjalan

Taste Buds - Yunus Kuntawi Aji & Kinsia Eyuss

on Minggu, 18 November 2012

Buku ini nge-hits banget di tumblr berhubung penulisnya adalah "artis" tumblr, Yunus Kuntawi Aji. Baca-baca komen orang, jadi penasaran se-mengaduk apa sih buku ini. Kata komen-komen yang saya baca sih, katanya mengaduk-aduk perasaan~.Bdw, taste buds artinya indra perasa :)

Ada 26 cerita, 13 ditulis sama Yunus, 13 ditulis sama Kinsia, selang-seling. Ada perbedaan banget dari cara menulis mereka. Yunus cenderung lebih puitis dan serius, Kinsia lebih lugas dan cheesy. Saya lebih suka tema-tema yang diangkat sama si Yunus sih ^^v. Lebih misterius dan bisa direnungkan *haiiish :p*. Anw, sampulnya eyecathcing banget :)

Katanya, kenangan adalah kesempatan bagi manusia untuk berbahagia kedua kalinya.
- Yunus Kuntawi Aji


Sederhana

on Rabu, 14 November 2012
Kakek tua itu bergeming. Tidak ada yang lebih indah baginya, pagi hari ditemani kicauan parkit-parkit kesayangan, channel radio yang pagi hari ini masih setia memutar lagu bengawan solo, lagu favoritnya sepanjang masa, dan juga segelas kopi panas yang mengepul di sampingnya. Didengarnya suara kemeresak tanah di depan rumahnya, yang berada di pertigaan jalan besar di daerah selatan kota, tanda bahwa istrinya sedang menyapu. Rutinitas pagi hari. Seperti biasa. Rutin.

Nenek tua itu terus bergerak gesit. Hap hap, srek srek. Dalam 15 menit, seluruh halaman rumah yang berukuran cukup luas sudah bersih dari daun, yang banyak berguguran karena angin kencang tadi malam. Nenek selalu suka melakukan kegiatan paginya. Bangun, bersujud sholat, memasak air, mandi, menyiapkan kopi, menyapu halaman dan rumah, dan tentu saja, bercengkerama dengan kakek. Mendengarkan dan membahas kisah jaman muda mereka, yang entah untuk episode ke berapa terus diputar. Seperti biasa. Rutin.

Selesai menyapu, nenek mendekati kakek, melihat kopi yang belum disentuh sama sekali. Kakek sedang manja. Nenek meletakkan tongkatnya, mengambil cangkir itu, meletakkannya dalam genggaman kakek, hingga tersungginglah senyum di wajah tuanya. Kakek pun minum kopi dengan nikmat.

Hal-hal rutin itu dilakukan setiap hari, setidaknya sejak 15 tahun yang lalu. Hal rutin yang indah,hal indah yang rutin. Tidak ada yang tidak istimewa dari kisah setiap orang. Si kakek adalah seorang buta, si nenek adalah seorang yang tidak punya 2 kaki asli. Bahagia itu sederhana, se-sederhana hati semua orang untuk mensyukuri bahwa bahagia itu ada dan nyata.

Growing Up

on Jumat, 09 November 2012


Growing up itu apa?

Growing up itu adalah gag kerasa apa2 tahu2 suatu malam tersadar lingkungan berubah, teman2 berubah, keluarga berubah, dan ketika baca hal2 yang dulu pernah ditulis, aku juga 

Perubahan adalah keniscayaan.
Menjadi tua adalah kepastian.
Arah mana tujuan berlayar, monggo dipilih masing-masing :)
Segala kebaikan dan nikmat yang ada dalam diri kita, itu karena Allah.
Dan kegagalan serta kebaikan yang belum terjadi, itu karena diri sendiri yang belum berikhtiar atau belum meminta kepadaNya.
Angkatlah kesombongan dari hati, dan berikhtiarlah untuk mendapatkan kebaikan lagi dari Allah.

Alhamdulillah diingatkan lagi hari ini :)

Catatan Hati di Setiap Doaku - Asma Nadia

on Sabtu, 03 November 2012
Catatan Hati di Setiap Doaku

Ini buku yang harus banget dibaca T.T
wajib banget :'). Semacam chicken soup, jadi yang nulis adalah orang-orang yang bergabung di milis pembacaasmanadia@yahoogroups.com, ada juga komentar-komentar dari Asma Nadia di beberapa cerita. Mulai dari masalah pernikahan, sakit, karir, sampai di ujung kematian, semua diserahkan oleh penulis-penulis ini kepada Allah, bukan kepada yang lain. Dan buku ini bikin saya malu karena doa-doa yang belum dipanjatkan dengan khusuk, dengan doa-doa yang belum sepenuh hati walau saya sangat mengharapkan hasilnya T.T

Cerita yang saya suka banget adalah pengalaman dari Asma Nadia. Jadi, setiap hari sebelum anak-anaknya tidur, beliau menemani anaknya dan mengajak mereka untuk berdoa bersama. Mendoakan apapun, mulai dari hal yang berat seperti : " Ya Allah, semoga teman-teman di Aceh segera bisa sekolah lagi" *waktu tsunami Aceh*, sampai doa yang sangat sederhana dan lucu : "Ya Allah,semoga rambut ayah cepat tumbuh" *waktu bapaknya potong rambut kependekan*. Lewat doa-doa itu, beliau mengajarkan empati pada anak-anaknya dan meminta apapun hanya pada Allah. Harus ditiru nih nanti :')

Dan pesan yang sangat saya suka :
Jangan pernah mendikte Allah. Dunia ini Allah yang punya, masa kita mau mendikte pemilik dunia ini?

Network-ing or Not-working

on Kamis, 01 November 2012

kemewahan adalah libur 3 hari di sela-sela UTS cihuy 9(^.^)9. Tiba-tiba keinget sama pertanyaan si Tia beberapa hari yang lalu : "Ka, kamu kalo nge-net ngapain aja?". Dengan berbagai socmed yang ada, gag bisa dipungkiri page awal yang dibuka adalah socmed -,- Atau akun-akun yang lainnya :p. So these are the lists, baik yang sering dibuka maupun yang jarang ampe nyaris terlupakan hehe.

1. Facebook
mata pisau banget ini socmed. Mulai dari menuangkan kegalauan *jaman dulu-dulu hihi* ampe rapat onlen, berbagi info, grup-grup mulai dari yang bermanfaat sampe egag, ada di sini.

2. Yahoo
Gag usah ditanyain apa manfaatnya hehe. Walau banyak yang bilang gmail lebih profesional, buat saya Yahoo lebih userfriendly~

3. Tumblr
Ini adalah tempat galau dan refreshing yang asik banget akhir-akhir ini. Apalagi setelah nemu akun-akun yang unyu kayak di post saya yang sebelumnya. Sederhana banget buat nulis apapun yang ada di pikiran atau sekedar reblog hal-hal yang menurut kita unyu dan kita banget :'3. Bahkan di fb ampe ada grup 'tumblr jogja', weew. Saya gag aktif sih di dalemnya tapi pengguna tumblr keknya kompak dan bikin komunitas gitu di beberapa kota :)

4. Blogspot
blog galau yang sedang anda baca :'3

5. Wordpress
blog ini diniatkan untuk lebih 'profesional' dan 'berilmu'. Haha. Di situ isinya beberapa catatan, tentang kuliah, tentang penelitian. Tapi nunggu inspirasi buat nulis di situ sangat lama, mungkin bisa 2 bulan sekali :p

6. LinkedIn
Ini apa yaa.. hmm semacam socmed tapi isinya profesional. Link ke perusahaan-perusahaan, grup-grup profesional, dll. Belum menemukan banyak hal dari socmed ini tapi~

7. Twitter
@yonikalarasati
call me cupu deh baru punya twitter haha. belum menemukan banyak hal disini tapi emang diakui, arus informasi di twitter itu cepet banget, ampe pusing kalo liat timeline -_-"

8. Goodreads
Kalo kamu suka buku, join deh ke web ini. Berguna buat liat review-review orang tentang buku, worthed gag. Juga info-info buku yang kira-kira sesuai dengan seleramu :D

9. Last.fm
semacam goodreads tapi buat musik. asiknya lagi, kamu bisa puter mp3 di hape, scrobbling pake last.fm (tapi diinstal dulu), njuk si last.fm ini bisa nge-detect selera musikmu dan ngasih rekomendasi lagu lain yang setipe :D

Liat list di atas, muncullah pertanyaan : is it networking or notworking? hmmm -_-". Gag bisa dipungkiri banyak pikiran dan hal-hal yang saya sukai terfasilitasi lewat aplikasi-aplikasi itu. Yeah, saya rasa saya masih bisa mengendalikan antara dunia maya dan dunia nyata, aamiin :) :)

Must Followed Tumblr Blog

on Minggu, 28 Oktober 2012


Jadi minggu depan adalah edisi ujian ke 13 kalinya di bangku kuliah 9(*.*)9. Panggil-panggil janji-janji resolusi di awal semester, pukpuk.. ^^v. Dan saya malah keranjingan tumblr-ing gara-gara nemu banyak blog bagus disana. Ini beberapa di antaranya :


BPOD : biomedical picture of the day. This blog is so awesome! You'll trully find science is amazing. Allah makes everything fairly, and we just a very 'lil pieces of the world :')

Gara-gara kemaren beliin bunga untuk temen yang wisuda, jadi sempet mampir ke toko bunga di jalan Abu Bakar Ali. Dasar cewek, liat bunga langsung rasanya menye-menye dan menentramkan hati -..- Suddenly I wanna be a florist, haha. Alhasil saya kepo foto-foto bunga di tumblr dan nemu blog yang ini. Isinya adalah foto-foto bunga yang breathtaking banget :'3. Mupeng dan bingung, mana ntar yang mau saya pajang kalo nikah #loh.

Ini blog udah terkenal kan ya? Baca blog ini berasa jadi kayak jaman SMA lagi uuu :3. Isinya komik tentang anak2 SMA di Jogja. Tiap SMA punya karakternya sendiri. Ngakak abis dah kalo baca ini :p. trus jadi tahu gosip atau event anak muda apa yang barusan terjadi, haha #berasa tua banget.

Ngiler dah bayangin rumah masa depan kalo liat iniiii :'(. Isinya tentang desain interior rumah. Harusnya sih bisa jadi motivasi buat bikin rumah impian ntar, haha.

Masih jadi satu edisi dengan edisi florist tadi. Isinya tentang bunga-bungaan. Tapi yang langka dan jarang banget keliatan nih.

Beberapa foto disini mengagumkan juga. Bebas. Lepas.

Selingan menyenangkan dari handout. Well saya mengalokasikan waktu 30 menit buat tumblr-ing, 5 menit buat baca handout. Aaaargh! Fokus fokus~

Tulip

on Kamis, 25 Oktober 2012

They are not too elegant, too romantic, too big, too small, or too bright; 
the tulip is always just right.

I just found some meanings of flowers and suddenly I wanna be a florist, such a random thought -..-. And the meaning of tulip is wonderful! :'3

Sometime people want to be the most of particular fields. I found the truth in the tulip : don't be too much, just be in the right part. Even it has been written in the Qur'an.

QS. Al-Maaidah (Al-Maidah) [5] : ayat 87
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu haramkan apa-apa yang baik yang telah Allah halalkan bagi kamu, dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.


Tahu Diri

on Rabu, 24 Oktober 2012

Hai, selamat bertemu lagi
Aku sudah lama menghindarimu
Sialkulah kau ada di sini
Sungguh tak mudah bagiku
Rasanya tak ingin bernafas lagi
Tegak berdiri di depanmu kini
Sakitnya menusuki jantung ini
Melawan cinta yang ada di hati
Dan upayaku tahu diri
Tak s’lamanya berhasil
‘Pabila kau muncul terus begini
Tanpa pernah kita bisa bersama
Pergilah, menghilang sajalah lagi
Bye, selamat berpisah lagi
Meski masih ingin memandangimu
Lebih baik kau tiada di sini
Sungguh tak mudah bagiku
Menghentikan s’gala khayalan gila
Jika kau ada dan ku cuma bisa
Meradang menjadi yang di sisimu
Membenci nasibku yang tak berubah
Berkali-kali kau berkata
Kau cinta tapi tak bisa
Berkali-kali ku t’lah berjanji
Menyerah…
Dan upayaku tahu diri
Tak s’lamanya berhasil…
Pergilah, menghilang sajalah
Pergilah, menghilang sajalah lagi ( Tahu Diri by Maudy Ayunda)


The unyu-est song of the month. Pertama denger lagu ini : tertohok. Well, gag sama juga dengan lagu ini sih haha. Yang penting diinget adalah bagian tahu diri - nya :'3

Sekarang hashtag-nya adalah #tahu diri dan jaga diri :')

Obrolan Praktikum : Artifisial

on Senin, 15 Oktober 2012
Golongan praktikum saya terdiri dari 14 orang. 2 orang cowok, sisanyaaaaaa, para ibu-ibu yang ceriwis. Sesuai dengan namanya : Farmasi, Fakultas Ramai Mahasiswi.

Ibu-ibu ceriwis ini selalu berbicara apa pun. Dan apa pun tema yang memulainya, pada akhirnya tidak akan jauh dan lari dari tema : eng ing eng - jodoh dan hal-hal yang mengiringinya. Haha ^^v. Mulai dari ngomongin temen yang dah mau nikah, ngomongin ustadz, ngomongin makanan, pada akhirnya akan berujung pada nasihat serta kutipan-kutipan mengenai hal-hal semacam itu #sigh. Tapi asyik je, saya akui :p

Sampai siang ini, saat praktikum rekayasa antibodi, Bulik *salah satu teman saya*, nyeletuk :
hei nikah itu gag cuma cinta ya. Kalo cuma cinta, di saat ada yang ngasih perhatian lebih, ada yang rasanya lebih cocok, ada yang lebih-lebih lainnya, padahal orang udah nikah, mau rusak gara-gara cinta? Padahal kita sendiri tahu sering cinta itu artifisial, naik turun.
How could she had such a wise thought .________. I adore you, Bulik :')

Uncle Jim - Endah n Rhesa

on Kamis, 11 Oktober 2012
There is a man whose called Uncle Jim

Doesn't have home, he's sleeping on the street
He use to play his old violin
Singing while tap dancing with his feet

I always see him every morning
He gives me strength and spirit with his smile
I wait the train until it's coming
Wave my hand and then he says "Goodbye"


Rising up to major notes, falling down to minor chords

I always remember all the words
Don't worry, be happy.. he shout at me that im so pretty
Maybe people think that he's so crazy




Uncle Jim, you make my world becomes beautiful
Play the melody once more


Rising up to major notes, falling down to minor chords

I always remember all the words

Don't worry, be happy.. he shout at me that im so pretty

Maybe people think that he's so crazy




But now he's gone and cant be found

Maybe he has left this town.. oh..what my day is gonna be?

Uncle Jim, I heard the latest news today..
I send my message to you when I pray


Have you ever found your Uncle Jim? I mean, someone you don't exactly pay attention to but he/she always be there. I thought you must have, not only one but some. He could be your friend, your neighbour, even a seller in your school canteen *I've write it before here*.

So maybe I just can try be kind to every people I meet. I know sometime I can't be easily be open mind to the person annoyed me. It's kind of a bad habit :/. Haphap cheers people around you! \(^.^)/ 

Sexy Part of Pharmacy : Pharmacogenomics


Don't you know that various parts of pharmacy are sexy? Haha. Fyi, two of the 2012 nobel prizes gone to medical related field.  The researches were about GPCR and stem cell. Also, they could be pharmacy field, not only the doctor :)

Blah, saya belum  bisa  tahan nulis pake bahasa Inggris untuk hal-hal kayak gini haha.

Ceritanya minggu ini dapet kuliah tentang bidang yang menurut saya so wow, farmakogenomik. Yang pertama diceritain Prof. Sismindari kemaren Selasa waktu kuliah Teknologi Gen Farmasetika, yang kedua tadi siang bersama Prof. Tan De Boer dari Utrecht University, kuliah tamu. Alhamdulillah banget sebelum dapet kuliah dari Prof. Tan de Boer, udah pernah dapet dari Prof. Sis, jadi gag terlalu odong juga dengerin kuliah tamu tadi, apalagi pake bahasa Inggris :p

Jadi, apa itu farmakogenomik? Farmakogenomik adalah bidang yang mempelajari interaksi obat dengan tubuh pada level gen. Nah lho, maksudnya? Kita tahu makhluk hidup terdiri atas sel, di dalam sel ada inti sel, di dalam inti sel ada kromosom, kromosom merupakan untaian DNA, di dalam DNA terdapat gen. Gen inilah yang menjadi microchip identitas makhluk hidup, termasuk manusia. Gen akan menghasilkan protein-protein yang mengatur berbagai sistem dalam tubuh makhluk hidup. Makhluk hidup tanpa gen adalah mati, makhluk hidup yang fungsi gennya terganggu adalah sakit. Sederhananya begitu. Cmiiw.

Apa hubungannya gen dan obat? Terutama adalah saat metabolisme obat dalam tubuh. Obat dan racun itu beda tipis, yang membedakan adalah dosisnya (Paracelsus). Oleh karena obat sebenarnya adalah racun, obat harus dibuang dari tubuh. Terdapat berbagai enzim dalam tubuh yang berguna untuk membuang obat dari dalam tubuh setelah selesai efeknya. Gen lah yang 'membuat' enzim-enzim tersebut. Misalnya, ada enzim yang namanya sitokrom p450 yang terdapat di dalam hati. Enzim ini akan mengubah obat menjadi bentuk yang tidak aktif dan membantunya keluar dari dalam tubuh. Kalau terjadi kelainan pada gen yang seharusnya membuat enzim sitokrom p450, maka kadar enzim bisa naik atau turun. Jika naik, berarti obat semakin cepat  tidak aktif dan tidak akan berefek pada tubuh, sehingga pasien seharusnya diberi dosis obat yang lebih besar. Sedangkan jika jumlah enzim turun, maka jumlah obat yang aktif tinggi dan justru dapat memberikan efek toksik pada tubuh. Ini penjelasan versi awamnya hehe.

Tadi ada contoh kasus, ada penelitian mengenai kematian bayi akibat ASI. Bukan ASI murni yang beracun, ternyata di dalam ASI ada morfinnya. Tahu morfin? Itu adalah obat penghilang nyeri (analgesik) yang sering disalahgunakan jadi narkoba. Lho kok bisa ada morfin di dalam ASI?  Ternyata si Ibu diberi obat kodein untuk menghilangkan rasa sakit setelah melahirkan. Nah di dalam tubuh, kodein ini akan dimetabolisme menjadi morfin oleh enzim sitokrom p450. Ternyata, gen si Ibu mengalami kelainan/mutasi sehingga jumlah sitokrom p450 berlebihan dan morfin yang dihasilkan dari kodein juga berlebihan, masuk ke ASI dan bayinya. Hal ini bukanlah hal yang sangat jarang terjadi ternyata, karena sekitar 2% manusia mengalami kelainan ini. Wow ._."

Pengembangan bidang ini 'nantinya' adalah pemberian obat dan dosisnya pada setiap orang tergantung dari jenis gen apa yang ia miliki. You will have your personalized medication, and it will improve people's health. Walaupun baik ilmu maupun implementasinya masih ngawang-ngawang di langit luas, semoga terus berkembang :)

sepotong maaf

on Selasa, 09 Oktober 2012
hai kamu,
yang sedang berjalan di dunia ini, meraih mimpi, berjuang untuk mandiri, untuk keluargamu kelak
walau belum pernah bertemu, atau aku tidak mengenalimu ketika tidak sengaja kita berpapasan,
boleh kusampaikan sepotong kata maaf?

maaf atas keleluasaanku meng-alpa-kan hatiku
maaf atas kenaifan diriku akan hal manis yang semu
maaf atas keasikan diriku memanjakan perasaan yang terkadang gila
maaf atas kenakalan diriku yang dengan sengaja atau tidak, jatuh di tempat dan waktu yang salah

maafkan aku, semoga doa kita untuk bertemu segera diijabah-Nya :)

road to be a pharmacist #1

on Sabtu, 22 September 2012
The pharmaceutical sector is a knowledge-based business, so the need for qualified people and strong research and development is an essential for growth
-Dr. Boen, Kalbe's co-founder

Welcome 7th semester, cihuy!

Well, I know it's a 'lil bit late hehe. Semester 7 udah lewat hampir sebulan. Seperti biasa, target 'berubah' selalu dicanangkan di awal semester. Kaset rekaman yang sama diputar lagi, semoga kagak 'bundet' di tengah semester seperti 6 semester sebelumnya, dan baru distel dengan lancar lagi H-1 UAS. Rekaman tentang 'berubah' maksudnya :3

Di semester ini jadi tersadar lagi : mau ngapain abis kuliah?

Mau ngapain? Berbagai buku motivasi dan pengembangan diri pasti mengecam banget pertanyaan macam itu, haha. Tapi wajar gag sih kadang kita masih tanya hal kayak gitu? *pembelaan diri*. Well, saya mau jadi nananina abis lulus apoteker nanti. Oke, nananina = dosen. Kenapa dosen? Biar awet muda dan dikira mahasiswa teruuuuus :3. Hehe. Ya itu alasan primer. Alasan sekundernya karena saya masih menemukan passion saya di penelitian, belum ngembangin bisnis *misal di perusahaan-perusahaan*. Selain itu, jadi dosen kayaknya gag se-kerja rodi kerja di industri, jadi masih bisa ngemong anak :D *impian calon ibu idealis*

Kemudian, dapatlah saya kuliah Manajemen Farmasi Industri (MFI). Ini bukan kayak kuliah malah kayak careercoach *suka banget dengan istilah ini setelah baca your job is not your career*. Mendengar berbagai istilah kerjaan di industri : PE, ME, bussdev, produksi, R&D, marketing, dll. Ini telat banget saya baru ngeh kayak ginian di semester 7 farmasi sains dan industri. Malu-maluin -_-. Dan saya jadi tergoda untuk mencicip dunia industri yang bertantangan. Hmm.

Dan yang bikin tambah random adalah semua dosen : kalian itu farmasis, sangat dibutuhkan di bidang ini, kalau bukan kalian siapa lagi? Klinik, analisis, industri, research, dll. It really is a compliment for us, pharmacists! And challenges, sure. Jadi jadi jadi, mumpung masih ada 2 semester s1 *aamiin*, mari menimba sebisa mungkin fasilitas di kampus, untuk menjadi qulified person \(^.^)~

Partikel - Dee

on Sabtu, 08 September 2012

 Supernova: Partikel


Bogor. Kalimantan. London. Dunia. Luar angkasa. Semesta..

Semesta adalah tempat belajar, semesta adalah jawaban dari segalanya. Fungi, pohon, orangutan, fotografi, wildlife, enteogen, alien, adalah tempat belajar bagi Zarah Amala. Kegilaan sejengkal jaraknya dari kejeniusan. Kebebasan sejengkal jaraknya dari kenaifan. That's world.

Really don't know how to explain this book. Haha.

Kisah yang keren keren banget dari Dee. I adore her, really. Saya dulu skeptis ama serial supernova. Baru baca 'petir' tepat sebelum baca 'partikel', dan ceritanya aneh haha. Tapi begitu baca petir, wow! I must said that Dee is a scientist with prose as her manuscript *well ini lebay banget haha*. Cara Dee menggabungkan berbagai hal ilmiah, menceritakan tentang kehidupan fungi sebagai percakapan sehari-hari, dan berbagai hal ilmiah lain, membuktikan wawasan Dee yang luas sekali. Dan ternyata Dee melakukan riset selama 8 tahun untuk bahan buku ini, pantesan keren bangeet :D. A very must read book!


Cerita adalah cerita. 
Tak peduli bagaimana akhirnya, 
yang penting adalah bagaimana kita menikmati cerita itu.
-bukan quote dari novel, tapi perasaan sesudah membacanya :)

Hidup dari Iri

on Jumat, 07 September 2012
Flat Grin Smiley Emotion Icon Emoticon Clip Art


A : aku payah dalam hal apa pun
B : kamu sedang melihat orang lain
A : kenapa tahu?
B : karena aku juga begitu
A : aku iri kamu pintar
B : aku iri kamu punya banyak teman
A : aku iri temanku multitalented
B : aku iri kamu bisa lari
A : aku lega bisa berbagi keirian
B : kita hidup dari rasa iri, dengan segumpal penuh kebaikan

I think it was a really random chitchat-

Sering merasa iri? Jujur saya dulu sering, sekarang juga, haha. Rasa iri dengan segumpal penuh kebaikan mungkin akan menjadi hal yang baik. Asalkan sesuai dengan kata Rasul, iri yang diperbolehkan untuk 2 hal : ibadah dan ilmu pengetahuan. Cmiiw.