Gag Jelas?

on Sabtu, 05 Januari 2013
Randomly mikir berapa sering kita mikir atau bilang : "ih gag jelas banget sih si itu? ih kok itu yang ditanyain, gag jelas banget! ih orang itu gag jelas deh maunya apa". Hal-hal itu, sadar atau tidak sering banget kita *penjamakan dari kata 'saya', ehehe* lontarkan. Spontan. Misalnya nih, saya pernah sama temen2 praktikum pre-test sama dosen, kami mau menganalisis minyak goreng. Kami pelajarilah metode-metodenya, teknisnya begini begitu. Ternyata yang ditanyain dosen : "Apa bedanya minyak sama mentega? Kok bisa beda?" Nah lho! Padahal kan kami mau menganalisis, yang penting metode yang dipake dong, begitu pikir kami. Spontan, kami pun men-judge : ih g jelas banget sih pertanyaan ini dosen *judge dalam hati ehehe*. Alhasil dosen geleng2 kepala liat kami belepotan jawabnya, dan masalah teknis yang ditanyain cuma dikit, zzz -_-"

Sadarkah kita bahwa hal-hal yang gag jelas itu sebenernya terjadi karena kita yang memang tidak mau memperjelas, atau karena ketidaksiapan kita untuk memperjelas?


Balik lagi ke masalah pretest tadi. Setelah dipikir-pikir, ya emang kita harus tahu bedanya untuk preparasi sampelnya. Kalo sifatnya beda, pasti preparasi sampelnya juga harus beda dan akan ngaruh banget ke metode yang bakal dilakukan berikutnya. Mau ngerti teknisnya, kalo gag ngerti prinsipnya ya gag maksimal.

Saat-saat mau ujian gini, saat-saat sering denger : "oh itu toh dulu yang diomongin ama dosen, dulu gag jelas banget sih waktu di kelas". Padahal, yang terjadi adalah perubahan seberapa besar kita ingin jelas kan? Dosen mah dari dulu juga jelasinnya gitu aja, kita nya yang mau memperjelas apa egag *selftabok*. Pun selain di kuliah, serinng kita ngerasa orang lain gag jelas, padahal kita yang tidak ingin memperjelas. Jadi, kurangi mengeluh ih gag jelas yuk, hehe! :D

2 comment:

galih ramiaji mengatakan...

ini tulisan kok gag jelas banget sih? *eh

Yonika Arum Larasati mengatakan...

haha yang baca ampe selese juga g jelas nih ^^V

Posting Komentar

speak up! ;)