RITUAL LEBARAN-kue kering

on Sabtu, 27 Agustus 2011
ckck, kasian banget ini blog terlantar, hidup segan mati tak mau *miris*. Maafkan aku blog sayang, kamu tetap tempat curcol pertamaku *nyampah sih hehe :p*

Countdown to Lebaran 1432 H, the last 3 days :(
Entah mengapa suasana ramadhan kali ini, hmmm.. berasa kayak hari-hari biasa aja, ritual ngampus, pergi pagi pulang sore, haaaa nikmati sajaaa~
:)

Dan tibalah hari dimana saya gag harus ngampus, jengjeeeng! *bahagia banget,ini lebay tapi beneran hehe*. Today was the day. I'm home. Merancang apa saja yang harus dilakukan hari ini, dan agendanya adalah : membuat kue keriiing :9

Ritual membuat kue kering entah sejak kapan melekat di keluarga saya. Kalo kami gag mudik ke banjarmasin sono, maka saya, tia, dan mama menghabiskan hari-hari akhir lebaran dengan membuat kue kering, yang dari tahun ke tahun kurang berkembang resepnya. Itu-itu aja. Nastar, kastengel, wajib ada. Tapi juga dari tahun ke tahun skill-nya masih sama aja. Masih berantakan, masih gosong-gosong, masih kadang terlalu renyah, hahaha. Yang penting kan usahanya? Yang penting kita seneng wek! *alibi tingkat tinggi*

Suka heran gag sih liat harga-harga kue kering gitu? tadi aja googling, nemu harga kue kacang 80.000/kg, nastar 90.000/kg. Astagaaa. Ini kue bukan makanan mahal macam apa gitu yaa. Tapi setelah merasakan perjuangannya, saya jadi punya cita-cita kalo jualan nastar, saya jual 150.000/kg :3 *pegel, beneran*. Saya ngerasa bakat saya bukan di per-kue-an ini. Tapi kata mama, walaupun gag pinter, yang penting tau caranya dan bisa lah dikit-dikit. Buat modal kalo be-rumahtangga entar *agak heran, penting bangetkah skill bikin kue?* 

si nastar, kelihatan cukup menjanjikan *sebelum dipanggang*

si nastar pasca dipanggang, terlalu renyah jadi gampang ancur haha



oven kebanggaan mama deh, ngarep taun depan dah ada oven listrik pliiiis :D

inovation of the year : kue sagu cokelat bertabur kismis! *memanfaatkan bahan yang ada*    
kita mulai bikin kue jam tgh 8 pagi, dan baru rampung jam 4 sore. Ngerti deh sekarang kenapa harga kue-kue kering itu selangit, perjuangannyaaaaaa~ *ini gara-gara tangan tak terampil aja sih, haha*. Si tia ampe bilang : ih sapa bilang bikin kue kerjaan feminin? kayak kuli tau, ngulenin adonan tu butuh otot kuat. zzz -..-


Oke lah, walau kita mungkin memang tidak memiliki bakat di per-kue-an ini, yang jelas ritual ini bakal selalu ada saat menjelang lebaran, semoga akan selalu ada, yeiy! Buat mengalihkan pikiran dari kangen mudik *halah*. Kangen kangen sekali dengan Banjar dan anak-anak di sanaaaaaa :'(

Ciao!
Makan kue aaah *yang gosong gag dimasukin toples*






Secretary.

on Selasa, 09 Agustus 2011
Apa yang terlintas pertama kali ketika mendengar jabatan sekretaris? Wanita, rajin, telaten, rapi, terorganisir. Well, itu sih kesimpulan yang saya dapat dari berbagai orang :)

Saya selalu kagum dengan orang yang berani mengemban tanggung jawab sebagai seorang sekretaris *oke ini lebay haha*. Tapi beneran deh, siapa lagi yang kerja dari sebelum, saat, sampai mungkin sebulan setelah hari H? Dari dulu saya selalu merhatiin, orang yang jadi sekretaris tu kok kasian banget, yang laen dah leyeh-leyeh.. eh dianya masih ngurusin LPJ lah, ini lah, itulah. Ckck. Super sekali.

Hingga suatu saat kesempatan itu datang kepada saya. Kayaknya cuma saya yang mau emang, saya keliatan nganggur banget mungkin waktu itu, haha. Saya pun jadi sekretaris suatu event. Kayaknya orang-orang pada heran deh kenapa saya bisa jadi sekretaris. Wanita sih iya. Rajin? hmm.. telaten? hmm.. rapi? hmm.. terorganisir? hmm..
Jadi satu-satunya modal saya adalah : saya wanita *fine!ini gag penting banget haha*
dan solusinya adalah : tim yang rajin, rapi, telaten, jengjeeeeeng : eren, etyk, niken :* :* :*

Jadi jobdesk sekretaris sampai hari ini yang saya list adalah :
1. bikin cap --> ini penting banget, saya kelupaan kemaren, akibatnya rada keburu2 bikinnya :(
2. bikin proposal --> siapa bilang bikin proposal bisa 1 kali maju langsung acc? *eh gag ada yang bilang ya? hehe*. Tapi derita nomor 1 sekretaris kayaknya waktu bikin proposal deh, jadi kalo proposal dah beres, yaaaa.. lumayanlah, masih banyak kerjaan lain kok :D haha
3. surat-menyurat --> deritanya ada di nyari ttd+ngumpulin bahan-bahan lampiran si surat, dari yang kontennya mesti diganti, gelar salah, susunan acara diganti. Yang jelas bagian ini mungkin juga bisa menambah banyak pahala kita. Tips : bikin surat sekalian banyak aja kayaknya bakal lebih efektif, langsung minta ttd banyak surat. Ribet mungkin waktu nyiapinnya, tapi kalo dah dapet ttd sebanyak itu, rasanya cukup plong *pengalaman hari ini bikin 20 surat, haha*
4. notulensi --> skip aja deh
5. sertifikat -- skip juga, belum ngerasain
6. LPJ --> saya ceritain bulan depan aja deh abis dah rampung *sok2an haha*

Intinya, walaupun mungkin kalo di timeline tugas sekretaris paling banyak, tapi gag seberat itu juga kok ngejalaninnya, apalahi kalo punya tim yang bisa diandalkan :)
jangan takut jadi sekretaris *biasanya pada suka parno*
Kata ririn *sekretaris BEM KMFA 2011* : jadi sekretaris tuh belajar jadi ibu rumah tangga, nah lho?

CHEERS! \(^.^)/

Being changed

on Sabtu, 06 Agustus 2011
K : "yonika sekarang lebih kalem ya.."
Y : " Hah? efek lagi pake rok kali mba, haha"
K : " Ah egag, diliat dari cara ngomong juga kalem kok. Dulu lebih petatilan, haha."
Y : *nyengir doank :p*

Itu celetukan mbak kasih kemaren waktu makan gaji buta bareng :p

Saya cerita ke si eren, eh dia bilang : "iya itu gara-gara kamu pake rok. Sekarang lagi puasa juga kan, makanya kamu lebih irit ngomong kesannya jadi kalem."

*bukan jawaban yang saya harapkan, awas kau nak -_____-"*

Haha, saya gag tahu apa menjadi lebih kalem itu hal yang bagus atau egag. Tapi semoga positif lah. Jadi bertanya-tanya, saya dulu se-petatilan apa to? Kok kayaknya parah banget. Yang sekarang aja dibilang lebih kalem *miris*

Well, people changed. Everytime. Everyday. They realize or not, they change. Me too.

Berubah perlahan. Berubah seketika. Tergantung orangnya. Tergantung situasi. Tergantung.

Jadi kepikiran ada temen saya yang berubah. Seketika. Bikin bingung, Tapi menanyakannya juga gag ada hak saya. Nah lho. Jangan-jangan saya salah ngomong. Jangan-jangan saya salah tingkah. Jangan-jangan, jangan-jangan..

Haha, apa sih yooon. Stop it, ntar galau :p

Back to other's change!
Pagi ini chat ama teman lama. Dia punya teman dekat yang lagi menuntut ilmu di luar negeri *atau mantan teman dekat? aduh gatau lah pokoknya itu maksudnya*. They were a sweet couple. Religious. Then, they separated. The boy changed. Parah berubahnya. Saya miris. Dia teman saya juga dulu waktu sekolah, dan gag disangka lah bisa berubah kayak gitu. Pergaulan lagi-lagi disalahkan.

Tapi emang pergaulan adalah segalanya *kata mama*
"Orang banjar aja kalo kuliah di Jogja, salah pergaulan, ya bisa macem-macem."

Tadinya saya sedikit berpikir, emang kalo nanti kuliah di Jerman *amin ya Allah..*, saya bakal kayak temen saya itu? Tapi celetukan mama lumayan bikin ayem. Kita gag bisa menggeneralisir semua jadi kayak gitu kan? *positive thinking :)*

Being changed.

Kalo liat dari jaman SMA dulu, saya mah change-nya kayaknya udah banyak XD. Kadang orang suka bilang : "ah egag, aku masih tetap yang dulu kok." Hehe, kalo buat saya kayaknya saya gag bisa bilang gitu. Saya jadi lebih sering galau sekarang. Astaga -____-"

Watch and realize someone changed sometime hurt. It is.

Itu pikiran aneh kala menye-menye. Tapi menyadari, saya juga pernah berubah kok, dalam sikon seperti itu. Saya pernah jadi subjek, mungkin sekarang jadi objek. Apa yang bisa dilakukan selain legowo dan berdoa yang terbaik? :)

People changed. Better or worse. Now or later. Everyone have to changed.
Pray, hope, and act, for a better me :)



Komitmen.

Gini nih kalo lagi ngelangut menunggu kepastian * lebay abis XD*. Semoga bukan wasting time deh, kan ceritanya mau merefleksikan diri *bahasa halus curcol, haha*

Akhir-akhir ini sering mempertanyakan arti komitmen, komitmen itu apa? Sejauh mana orang bisa disebut berkomitmen? Karena akhir-akhir ini saya jadi orang yang sangat tidak komitmen dengan apa pun. Saya sudah bosan mengucap maaf untuk setiap tanggung jawab yang saya 'tidak sengaja' lalaikan *atau kadang sengaja, karena selalu ada alasan untuk itu?*

Selama dua bulan ini, saya kayaknya ngerasain jadi 'di bawah' dan 'di atas' untuk komitmen ini. Kadang saya jadi yang diharuskan untuk berkomitmen, kadang saya jadi orang yang mengharapkan orang lain untuk berkomitmen. Dan itu membuat saya jadi ngerti, dulu dulu saya anak yang nyebelin banget deh, kebanyakan banget ngeluh ini itu :)

Saya baru tahu, meminta orang lain untuk berkomitmen dan bergerak bersama kita itu sangat tidak mudah. Bukan mereka tidak berkomitmen, tetapi mungkin ada beberapa halangan yang membuat kita tidak bisa memenuhinya. Kalau untuk hal-hal yang bisa dilakukan secara individu, okelah gapapa, tugas tetep bisa selese . Tapi kali untuk hal yang seharusnya dikerjakan secara tim, ketidakhadiran 1 orang mungkin gag terlalu masalah, tapi ketidakhadiran 1 orang-1 orang lainnya, hmm -______-". Haha, komitmen. Enak ngomongnya, prakteknya jauh lebih sulit :)

Begitu banyak pelajaran 2 bulan ini. Ada yang pernah bilang : "take chances, cause maybe it never come twice". Dan sekarang saya ingin bertanya : "How if I took too much chances?"

Tapi ada yang meyadarkan deh. Semua tergantung prioritas.
Selamat menentukan prioritas, yonika :)
#sugesti diri, haha

Kadang tertatih, tak apa jika jadi terlatih.

Cheers!
Ganbatte!
Horchruft!
Semangat!
*semua dikeluarkan XD*

Ingat 5 hal Sebelum 5 hal

on Rabu, 03 Agustus 2011
itu lirik lagu kan ya? aduh lupa sapa yang nyanyiin.. Bimbo? Raihan? *tebakasal. Hehe, iya pokoknya ada deh lagu yang liriknya kayak gitu, biasa diputer waktu ramadhan, dan lumayan nyantol di kepala saya liriknya.

Jadi, kemaren sore *hari kedua puasa*, saya ikutan buber keluarga CCRC di rumah Prof. Edy. Yo biasalah nek buber-buber gitu ada kultum kan ya, gag mungkin buber yang agak resmi gitu cuma dateng-makan-pulang, indahnya dunia *astaghfirullah ini puasa yonikaaa*. Gag ding, dari setiap kultum akan selalu ada yang nyantol dan menjawab permasalahan hidup jika dimaknai dengan baik. Haha, sotoy abis deh saya. Tapi kultum kemaren emang menohok saya sih.

Adalah Bu Nunuk yang mengisi kultumnya. Beliau adalah dosen UMP *Universitas Muhammadiyah Purwokerto*. Jauh-jauh dari UMP untuk buber. Waaaaw :O. Ya intinya beliau "ditodong" untuk mengisi kultum itu. Dan katanya yang terlintas adalah tentang 5 hal itu, yang walaupun dah sering banget dibahas tetep aja banyak yang lupa *terutama saya*. Astaghfirullah..

Ingatlah 5 hal sebelum 5 hal lainnya
Masa muda sebelum masa tua
masa luang sebelum masa sibuk
Sehat sebelum sakit
kaya sebelum miskin
hidup sebelum mati

Sering banget kan kita denger?

Hmm, merasa sangat melupakan hal-hal tersebut akhir-akhir ini. Life was in hurry. Padahal itu juga gara-gara saya belum memanfaatkan "masa luang sebelum masa sibuk" dengan baik. Bu Nunuk ngasih contoh yang makjleb banget hehe.

"kalo misalnya ada orang habis liburan, sering sekali dia gag bisa langsung settle dengan real life-nya. Padahal harusnya bisa langsung nyicil kerjaan-kerjaan, tapi anak muda sekarang kebanyakan malah keasikan liat foto-foto, upload ke facebook, komen-komen, eh dan gag kerasa 2 hari habis untuk kegiatan itu. Gag kerasa kan?"

Hahaha, makjleb bangeeeeet XD *tertohok abis ke makassar*
yaaaaa, bukan berarti kita robot juga sih yang langsung bisa on-off di real life. Tapi tapi, intinya banyak waktu yang bisa dimanfaatkan, daripada bengong memikirkan hal-hal yang semakin memberatkan langkah. Huah, ganbatteee! horchruft! \(^.^)/


ps : miss some spirit from someone, haha :')