RITUAL LEBARAN-kue kering

on Sabtu, 27 Agustus 2011
ckck, kasian banget ini blog terlantar, hidup segan mati tak mau *miris*. Maafkan aku blog sayang, kamu tetap tempat curcol pertamaku *nyampah sih hehe :p*

Countdown to Lebaran 1432 H, the last 3 days :(
Entah mengapa suasana ramadhan kali ini, hmmm.. berasa kayak hari-hari biasa aja, ritual ngampus, pergi pagi pulang sore, haaaa nikmati sajaaa~
:)

Dan tibalah hari dimana saya gag harus ngampus, jengjeeeng! *bahagia banget,ini lebay tapi beneran hehe*. Today was the day. I'm home. Merancang apa saja yang harus dilakukan hari ini, dan agendanya adalah : membuat kue keriiing :9

Ritual membuat kue kering entah sejak kapan melekat di keluarga saya. Kalo kami gag mudik ke banjarmasin sono, maka saya, tia, dan mama menghabiskan hari-hari akhir lebaran dengan membuat kue kering, yang dari tahun ke tahun kurang berkembang resepnya. Itu-itu aja. Nastar, kastengel, wajib ada. Tapi juga dari tahun ke tahun skill-nya masih sama aja. Masih berantakan, masih gosong-gosong, masih kadang terlalu renyah, hahaha. Yang penting kan usahanya? Yang penting kita seneng wek! *alibi tingkat tinggi*

Suka heran gag sih liat harga-harga kue kering gitu? tadi aja googling, nemu harga kue kacang 80.000/kg, nastar 90.000/kg. Astagaaa. Ini kue bukan makanan mahal macam apa gitu yaa. Tapi setelah merasakan perjuangannya, saya jadi punya cita-cita kalo jualan nastar, saya jual 150.000/kg :3 *pegel, beneran*. Saya ngerasa bakat saya bukan di per-kue-an ini. Tapi kata mama, walaupun gag pinter, yang penting tau caranya dan bisa lah dikit-dikit. Buat modal kalo be-rumahtangga entar *agak heran, penting bangetkah skill bikin kue?* 

si nastar, kelihatan cukup menjanjikan *sebelum dipanggang*

si nastar pasca dipanggang, terlalu renyah jadi gampang ancur haha



oven kebanggaan mama deh, ngarep taun depan dah ada oven listrik pliiiis :D

inovation of the year : kue sagu cokelat bertabur kismis! *memanfaatkan bahan yang ada*    
kita mulai bikin kue jam tgh 8 pagi, dan baru rampung jam 4 sore. Ngerti deh sekarang kenapa harga kue-kue kering itu selangit, perjuangannyaaaaaa~ *ini gara-gara tangan tak terampil aja sih, haha*. Si tia ampe bilang : ih sapa bilang bikin kue kerjaan feminin? kayak kuli tau, ngulenin adonan tu butuh otot kuat. zzz -..-


Oke lah, walau kita mungkin memang tidak memiliki bakat di per-kue-an ini, yang jelas ritual ini bakal selalu ada saat menjelang lebaran, semoga akan selalu ada, yeiy! Buat mengalihkan pikiran dari kangen mudik *halah*. Kangen kangen sekali dengan Banjar dan anak-anak di sanaaaaaa :'(

Ciao!
Makan kue aaah *yang gosong gag dimasukin toples*






4 comment:

muchtar affandi mengatakan...

nastarnya kurang bahan pengikat
:p

yonikaa mengatakan...

anak farmasi -_____-"

amiameeamy mengatakan...

kurang tepung kali tuh...gak sabar buat buru2 ngisi ama selai trus dipanggang... :p

_________________________
I have added cool emoticons to this message.
To see them go to http://x.exps.me?ff5d4f18ec45432e9ef9bb7d56df6d53

yonikaa mengatakan...

haha, ami mulai nih mengeluakan jurus2 ibu rumah tangganya hasil didikan dirumah :D
gatau mi, kurang kalis deh pokoknya, mamaku ngeyel bilang itu biar renyah, eh ternyata jadi gampang ancur gitu malah XD

Posting Komentar

speak up! ;)