Pharmacist Fact #1 : Busa Sabun Vs Kebersihan

on Rabu, 14 Maret 2012

"Busa melimpah lebih bersih!"

Pernah dengar iklan seperti ini? Atau kayaknya paling engga semacam itulah ^^v. Iklan suatu detergen, yang kemudian menjadi acuan para ibu-ibu untuk membeli sabun, baik sabun mandi maupun detergen. Mama saya juga percaya, jadilah beliau setia membeli suatu merk detergen tertentu karena dilihat busanya paling banyak .__. Benarkah anggapan itu?

Jadi gini ceritanya, sabun atau detergen yang kita pake sehari-hari itu gag sederhana loh. Dibutuhkan banyak bahan, proses, dan pengetahuan untuk bikin sabun yang benar-benar efektif dan aman digunakan oleh kita. Pernah gag cek label di bungkus sabun atau detergen, dan hitung berapa banyak bahan yang diperlukan? Cekidot :D Saya jadi heran ada detergen yang dijual 500an, kalo diliat bahan dan prosesnya ribet gitu, hahaha ^^v

Back to the question : Busa melimpah = Bersih?

Dari kuliah analisis farmasi yang tadi saya dapet sih, ternyata egag looh. Mungkin emang lebih menyenangkan liat busa mumpluk-mumpluk gitu, tapi ternyata gag berbanding lurus dengan keampuhannya menghilangkan kotoran :). Jadi gini, dalam sabun itu pasti ada komponen namanya surfaktan, yang bisa menghubungkan air dengan minyak. Air dan minyak gag campur kan? Oleh karena itu, kalo kita cuma mandi  atau nyuci baju pake air aja, kotoran-kotoran gag semuanya bersih, karena banyak kotoran di tubuh kita sifatnya berminyak. Surfaktan inilah yang menjadi komponen utama sabun. Surfaktan nempel di kotoran, kemudian dibilas dengan air, hilang deh kotorannya.

Surfaktan ini ada berbagai jenis tergantung muatan pada senyawa kimianya. Surfaktan yang bisa membuat busa banyak adalah jenis surfaktan anionik *bermuatan negatif*, surfaktan ini banyak terdapat di sabun, misalnya natrium lauril sulfat. Abis ini liat label sabun kalian ya haha ;). Nah ada juga surfaktan kationik *bermuatan positif*. Surfaktan jenis ini tidak berbusa, taoi justru bisa sebagai antibakteri dan dapat membersihkan kulit lebih baik karena daya absorptivitasnya di permukaan biologis tinggi *misalnya di kulit*.

Nah, dari hal di atas, jelas kan bahwa busa banyak tidak sama dengan lebih bersih, jadi lebih cermatlah memilih produk yang dipakai sehari-hari *ngingetin diri sendiri ^^v*

#proudtobepharmacist! :)

8 comment:

Itheng cemani mengatakan...

untuk itulah monggo pada beli detergent saya....detergen intelektual...
busa sedikit, meringankan pembilasan

Itheng cemani mengatakan...

monggo silahkan baca ini juga...
hehehe..promosi
http://itheng.blogspot.com/search/label/DETERJEN

http://itheng.blogspot.com/2010/12/alasan-kenapa-deterjen-memudarkan.html
http://itheng.blogspot.com/2010/12/mekanisme-senyawa-pemutih-pakaian.html

http://itheng.blogspot.com/2010/12/kenapa-busa-tidak-mempengaruhi-tingkat_11.html

Yonika Arum Larasati mengatakan...

bayar bayar bayar promosi disiniiiiii!
hahaha

waah lebih lengkap :O *kalah .__.

kakoponi mengatakan...

calon great pharmacist nih yonika :D btw Yon, sabun batangan tu kan lama2 busanya dikit, apa itu brarti surfaktannya juga semakin dikit trus kemampuan ngilangin kotorannya juga semakin berkurang?

Yonika Arum Larasati mengatakan...

aamiin :D
raras juga calon great geophysics ^^v *ehehe maaf gatau nama pasnya apa :(

nyari info tapi kok susah ya haha
menurutku sih gitu.. karena kalo pake surfaktan yang emang berbusa, busa itu berarti tanda kalo surfaktannya bekerja *walau belum tentu se-efektif yang gag berbusa :)

kakoponi mengatakan...

geophysicist Yon :]

danasahabat.blogspot.com mengatakan...

Bantu buat Kartu Kredit dan Kta BANK ANZ dan stancard 5-500 jt di manapun anda berada di seluruh pelosok nusantara dana instant tanpa jaminan 100% berkas aman cukup fc ktp.slip gaji/skp kartu kredit limit min 5 jt usia 1 th npwp dan cover tabungan . khusus karyawan gaji min 5 jt perbulan. proses maks 10 hari kerja.bunga 1.3%-1.89%. tenor sampai 5 tahun bila berminat hub chairul sarto utomo via sms telp 085229348635. 085712639751 fb chairul ichsan buana
DANA TUNAI dan kartu kredit bank anz dan Stancard PENUHI SEGALA KEBUTUHAN ANDA , KARYAWAN ATAU OWNER BUAT NAMBAH MODAL USAHA,PERNIKAHAN,PENDIDIKAN,RENOVASI RUMAH DLL PROSES MUDAH,CEPAT MAKSIMAL 10 HARI KERJA DANA LANGSUNG DI TRANSFER KE REKENING ANDA DIMANAPUN ANDA BERADA DI SELURUH PELOSOK NUSANTARA
Jl Gayamsari No 33 samping kawasaki motor Semarang

MARKETING CHAIRUL SARTO UTOMO
danaimpiankita.blogspot.com

pt.satona kimia surabaya mengatakan...

Sufaktan itu kegunaanya untuk apa aja . .

Posting Komentar

speak up! ;)