What type is me?

on Sabtu, 16 April 2011
Salam hangat semuanya! *sumpah sapaan yang gag penting banget haha*
hmmm, hari ini saya mengikuti outbond si SP2MP (Sahabat Peningkatan Percepatan Mutu Pendidikan) UGM. Ngapain aja sih SP2MP itu sampe perlu banget diikutin? Dari cerita-cerita kakak tingkat dan teman saya, kegiatannya seputar peningkatan kualitas diri dan berbagai pelatihan-pelatihan yang tentunya sayang sekali buat dilewatkan *bahasanya ngiklan banget haha*. Tapi beneran deh, emang mengasyikkan ikut program ini. Outbond hari ini sebenarnya kegiatan kedua dari serangkaian kegiatan yang akan diadakan selama setahun. Kegiatannya pertamanya SG yang materinya tentang mengenali diri sendiri dan motivasi-motivasi gitulah. Kapan-kapan aja ya saya critain isinya :p

Nah!
Kalo denger outbond, bayangan saya bakalan muterin kompleks-kompleks UGM, main-main mpe keringetan, dengan berbagai macam games. Eh ternyata, maennya 'cuma' 2 games doank, dan cuma di dalem kompleks kedokteran hewan doank, zzz -_____-". Kurang puas sih sebenernya haha. Udah persiapan mental dan fisik nih buat ngadepin yang lebih berat *halah gayane :p*. Tapi tapi tapii... lihatlah pesan-pesan moral yang terkandung dalam 2 games tersebut yonika.. *hahaha sumpah lebay banget deh -____-". Intinya adalah pemimpin itu dibutuhkan, tapi terkadang tidak perlu ada seorang pemimpin yang benar-benar menonjol dan mengatur segalanya, karena dalam jiwa kita masing-masing pun sudah ada jiwa pemimpin yang jika diasah sedemikian rupa akan membentuk kesatuan yang padu dan efektif pula. Selain itu, setiap orang maupun kelompok pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, karena mereka pasti akan ahli di bidang tertentu, oleh karena itu, sinergisitas dari semua disiplin ilmu tersebut mutlak diperlukan untuk mencapai tujuan mereka masing-masing *okee, bagian ini kalo diterusin mungkin bisa jadi pidato, hahaha*

Abis sesi outbond, kami diajak untuk 'merenungkan' *kata yang aneh*, bukan merenungkan juga sih, tapi lebih tepatnya mengenali diri kami sesungguhnya. What type is me???

Seharusnya menurut saya orang sih gag bisa saklek juga dikotak-kotakkan dalam sebuah tipe tertentu, karena psikologis seseorang tuh kayaknya rumit banget deh, gag saklek selamanya dia blablabla. Bisa aja jadi ini itu pada suatu saat *curcol*. Tapi mengenali karakter dominan dari diri kita memang penting kan? Setidaknya kita jadi tau dimana kelebihan dan kekurangan utama dari diri kita.

Nah, di sesi ini, kami disuruh memilih untuk mengurutkan kata-kata *atau sifat-sifat* berdasarkan urutan prioritas yang sering kami rasakan dan lakukan setiap hari. Semacam kamu nemu kuis di majalah dan nanti skornya ditotal, dan tadaaaaaaaa.... kamu manusia tipe A, B,C, atau D?

Usut punya usut, saya ternyata manusia tipe A (skor : 36 ) dan mungkin diselingi dengan tipe C (skor : 34). Hmmmm...

Tipe A : Tipe kebersamaan
haha, oke deh sedikit curcol juga nih. Jadi si manusia tipe A ini adalah manusia yang mementingkan kebersamaan dan perasaan. Hmm.. mungkin kalo orang liat saya orangnya cuek dan gag peka? hahaha, gag salah, tapi gag bener juga. Cause yes, I was a very sensitive person. Sangat sensitif sampai kadang ucapan orang bisa mengubah pikiran saya. Si bapak tadi bilangnya rada lebay : "orang tipe A ini, mau pake baju apa aja mikir ntar orang bakal bilang gimana". Hei oke saya gag selebay ituuuuu XD
trus ciri lainnya : manusia tipe A adalah juru damai, gag suka konfrontasi. Untuk bagian juru damai saya gag tau deh haha. Tapi bagian gag suka konfrontasi, yeah I am. Saya males banget harus beradu argumen dengan orang lain, kecuali memang kebangetan dan saya gag tahan lagi. Mungkin saya orang yang pengalah? hmm..
ciri lain : sering menyembunyikan perasaan.
hehe kalo bagian ini bener banget emang :p
jadi, mungkin walaupun saya sensitif, saya gag bisa menunjukkan kesensitifan itu, jadi orang-orang mengira saya orang yang cuek? Haha, atau kadang saya berusaha untuk 'cuek' karena ogah juga mikir dalem-dalem buat sesuatu yang bikin gag enak ati -_______-"

Itu tadi si tipe A, yang katanya sih suka mengutamakan orang lain dan terlalu berperasaan *apa coba*. Kekurangannya ya, sering gag tegas dan terlalu banyak pake perasaan. Hmmm, bener banget lagi -____-"
kayaknya memang ini deh karakter dominan saya, ckck. Saya juga gag percaya awalnya, berasa anak melankolis banget nih haha :)

Nah tapi, mungkin saya juga mendekati si manusia tipe C. Siapakah dia? Jengjeeeeeeng : Analis
si manusia tipe C ini suka kelamaan mikir, dan memikirkan sesuatu dengan masak-masak. Positifnya sih ya, mungkin hasil kerjaannya gag asal-asalan, tapi terkadang gara-gara kelamaan mikir malah gag kelakon garapannya -____-"
terus terang saya heran kenapa saya mendekati tipe ini ya? Padahal rasanya saya orang yang gag suka kebanyakan mikir tapi langsung jalan aja.. Ya itu tadi, karakter orang gag selalu bisa dikotak-kotakkan kan :)

Melihat hal yang kayak gitu, saya jadi mikir, iya dulu mungkin saya tipe A banget. Melankolis, kebanyakan mikirin orang bilang apa, terlalu pengalah *kecuali ama adek saya yaa, haha*. Tapi sekarang rasanya gag terlalu gitu-gitu amat deh, walaupun masih lumayan banyak karakter si orang tipe A di diri saya, yang jelas tadi dah dikasih tips untuk 'mengurangi' kekurangan-kekurangannya hehe, semoga bisa diamalkan, amiiin :)

Mengenali diri rasanya emang penting banget, terutama berdamai dengan diri sendiri ketika kita melihat sebuah kekurangan disana. Karena semakin dewasa, mungkin malah justru semakin banyak sisi-sisi diri kita yang muncul, yang tidak kita duga sebelumnya, yang baik, yang buruk, yang kita sukai, yang tidak kita sukai, yang orang lain tahu, yang orang lain tidak tahu. Mengenali diri, berdamai dengannya, dan berbahagia dengan apa yang kita miliki, hmmm, let's try it! :)

2 comment:

feraamelia mengatakan...

SP2MP kependekan dari sahabat percepatan peningkatan mutu pendidikan ???

yonikaa mengatakan...

huahaha
duh jadi malu salah nulis -_______-"

Posting Komentar

speak up! ;)