GRANUS:menuntaskan sinus #katanya..

on Minggu, 28 Agustus 2011
Saya anak yang cukup sehat, jarang deh sakit yang berat-berat gitu. Opname di rumah sakit juga cuma sekali, alhamdulillah :). Tapiiiii, ada satu 'penyakit' saya yang dari dulu jaman SD sampe sekarang masih menghantui saya, nyaris setiap hari -..- jengjeeeeeeeeeeng : pilek, sentrap sentrup kalo kena dingin, mau itu di pagi hari, siang hari, malam hari, bisa seharian. Mungkin enteng keliatannya, tapi beneran, itu menyiksa. Sekali dua kali mah gapapa. Lah akhir-akhir ini tiap hari, seharian pula. Gag bisa dong minum obat flu, orang bukan karena virus flu pileknya *mentang2 kuliah di farmasi*. Intinya saya bingung harus diapain.

Sampai akhirnya, tadi malam saya tanya kakak tingkat saya yang FKK, katanya disuruh coba minum granus. Nama obat yang jarang didengar. Setelah googling, baru tau itu ternyata semacam kapsul gurah gitu. Isinya : 

Andrographidis Herba 40%
Cleodendron Serratum 40%
Zingiberis Rhizoma 10%
Zingiberis Officinale Rhiz 10%
Bahan lain hingga 100%

Pengen latihan jadi farmasis yang baik, jadi carilah dulu info tentang bahan-bahan yang ada dalam obat sebelum dikonsumsi :) *hahaha, tumben, gara2 lagi nganggur aja nih :p

Andrographidis Herba : sambiloto
jaman masih kecil dulu, lumayan sering dicekoki ama mama jamu sambiloto ini. Paitnya naudzubillah deh. Katanya biar nambah nafsu makan. Eh, tapi jangan salah, ternyata si Sambiloto ini bisa sebagai imunomodulator lho.. *imunomodulator=peningkat sistem imun*. Sambiloto dapat menjadi stimulan penguat sistem imun baik melalui mekanisme antigen spesifik maupun non-spesifik. Selain itu, zat aktif yang dikandungnya juga dapat meningkatkan ekspresi gen cytokine receptor, dimana peningkatan ekspresi cytokine receptor ini menjadi target terapi dalam terapi imunomodulator.

Cleodendron Serratum : senggugu
Untuk tanaman ini, saya jarang dengar. Tapi setelah dicari-cari, ternyata ini adalah tanaman yang digunakan dalam gurah. tau gurah? pengobatan tradisional yang terkenal berasal dari Imogiri. Biasanya digunakan untuk menyembuhkan sinus, radang tenggorokan, hingga membuat suara menjadi 'kinclong' *jernih*.
Berdasarkan penelitian, kulit akar senggugu ini memiliki aktivitas antibakteri, antinociceptive *menurunkan sensitivitas terhadap rasa sakit*, antiinflamasi, dan antipiretik.

Zingiberis Rhizoma : jahe
Kalo yang satu ini, sudah tidak asing lagi lah ya. Rimpang jahe terbukti memiliki aktivitas antibakteri, 

Zingiberis Officinale Rhiz --> lah ini kan sama kayak atasnya -_____-"
Bahan lain Ad 100% -->??

Okelah, melihat kandungannya, kayaknya cukup menjanjikan juga buat meningkatkan imunitas sehngga dapat mengurangi kekambuhan alergi. Jadi , gag ada salahnya dicoba dulu, insya Allah bisa membantu dalam menghadapi si rinitis ini *bahasa kerennya itu*. Eh banyak loh orang yang punya alergi ini juga ternyata, saya jadi kepikiran buat nyari obatnya juga gara-gara kemaren ada temen tanya.

oia, yang penting ni obat dah ada sertifikat BPOM-nya, insya Allah aman, amin :)

p.s : saya gag ngiklan, beneran -_____-", cuma gatel pengen ngisi blog haha :D

0 comment:

Posting Komentar

speak up! ;)