Deutsch Lernen!

on Rabu, 08 Februari 2012
Tengah bulan januari kemaren, saya melihat sebuah iklan unyu. Lupa liatnya dimana, keknya di fb. Guess what? Les bahasa jerman gratisan $.$ Langsung dah saya catet di buku merah saya, 8Februari jam 14.00 --> les bahasa jerman gratis. Hihi. Saya beneran lupa, sampe akhirnya tadi buka buku merah lagi, tingtong. Langsung deh capcus ke Pusman (Pusat Studi Jerman), tempatnya di baratnya maskam UGM. Bangunan tua yang asri.

Dalam hati 'ah jam2 mpe sana paling masih sepi'. Beberapa meter dari tempatnya, feeling saya kok gag enak, kerumunan orang lumayan banyak. Dan ternyata jam 2, yang harusnya baru dibuka pendaftarannya, udah hampir habis kursi yang tersedia. Saya galau dah negative thinking aja gag bakal dapet. Tetep ngantri, fiiiuh. Nomer 42 dari 47 kursi yang tersedia. Jiwa mahasiswa benar-benar terlihat disini. Dimana ada gratisan, disitu banyak anak muda. Ada gula ada semut, hehe. Eh iya terus ketemu si iyul temen SMA, kasian dia tadi akhirnya masuk waiting list nomer 5. Entah bagaimana nasibnya akhirnya karena saya dah keburu masuk kelas :'( *lebay, maaf ya yul hhe ^^v*

Alhamdulillah, walaupun judulnya gratis, ternyata dapet fasilitas dikasih map yang ada stikernya pusat studi jerman, ada modul juga. Intinya pengenalan bahasa jerman sih, yang udah saya dapet di SMA juga ^^v. Udah agak lupa juga ^^v. Yasudlah, dinikmati saja tadi :).

Gutten abend. Ich bin Yonika. Ich komme aus Jogja. Ich wohne in Jalan Godean. Ich bin zwenzig. Wie alt bist du? Danke, tschuss.

^^
itulah yang kami pelajari selama 1,5 jam :)
Pak Marzuki, tentornya, bilang mustahil kami bisa ngomong casciscus setelah diajar beliau 1,5 jam. Ya iyalaaah XD. Haha, yang penting kenalan lagi deh dengan bahasa jerman. Setelah sekian lama dah teronggok entah kemana. Walaupun obsesi ke jerman tetap ada ^^v. Malah crita-crita tentang kehidupan disana yang lumayan banyak :)

Oia, tadi ada native juga dari sono. Namanya Phillips. Ganteng  :(. Semakin meyakinkan saya bahwa ras arya memang tercipta untuk mengindahkan bumi ini. Well, kita skip saja bagian ini haha.

Tadi ada sesi tanya jawab gitu sama si Phillip. Ada pertanyaan yang paling saya inget : gimana kehidupan beragama disana? Yawda diceritainlah, mayoritas katolik (30%), protestan (20%), dan islam juga sedang berkembang disana karena banyak imigran turki yang masuk ke jerman. Teman-temennya ozil tuh ya :). Dan kata si Phillip sih, walau negara sekuler. Disana tetep ada pelajarn agama sesuai agama yang dianut. 2 jam per minggu.

Begitu si Phillip keluar kelas, pak Marzuki yang pernah tinggal di Berlin cerita, walau keliatannya persentase umat beragama disana tinggi dengan agama yang berbeda-beda, yang paling tinggi justru orang yang atheis. Mencapai 25% dari total orang jerman adalah seorang atheis. Hmm, jadi inget sama penjelasan hanum di 99 cahaya di langit eropa. Orang eropa zaman sekarang banyak yang terlahir atau memilih menjadi atheis, karena trauma di masa lalu dengan kekerasan dalam agamanya. FYI, saat ini gereja di jerman memungut pajak dari jemaatnya, langsung dipotong dari gajinya. Entah ini berhubungan dengan fenomena atheis tadi atau tidak, mungkin akan lebih banyak sumber sahih yang kita dapat nanti. Kapan-kapan deh nyari hehe. I don't plan on racism :)

Wait for me, germany! \(^.^)/

2 comment:

kakoponi mengatakan...

kapan yon mau ke jerman?
2014? :]

Yonika Arum Larasati mengatakan...

ya Allah aamiin :') :')
hahaha :D
yaa, deket2 jerman juga gag nolak, belanda misalnya.. *loh ^^v

raras kapan? hihi ;)

Posting Komentar

speak up! ;)