Mitogen dan Fase G1 #belajar biomol nyok!

on Sabtu, 29 Januari 2011
eutils.wip.ncbi.nlm.nih.gov
Pada udah pernah dengar tentang senyawa mitogen? Sebagian besar mungkin sudah ya :) *emang kayak saya yang baru aja tau senyawa mitogen tu apa,hehe*

Tapi pada tau gag fungsi senyawa mitogen itu apa? Kalo anak-anak farmasi yang udah melewati semester 3 yang yahud pasti dah dapet makul biomol semua ya, dan pernah belajar tentang siklus sel. Nah, senyawa mitogen adalah senyawa yang memacu sel untuk bisa masuk ke fase G1, yaitu fase awal dari siklus sel. Bisa dibayangkan kan betapa pentingnya senyawa ini, kalo gag ada senyawa ini, kita gag bakal tumbuh, gag bakal ada kayak sekarang ini *oke,saya mulai lebay hehe*. Tapi kalo senyawa ini kebanyakan, pembelahan sel malah akan berlebihan, dan salah-salah malah bisa menyebabkan kanker. Nah, belajar bareng yok tentang si 'mitogen' ini :D *ingat, saya juga baru belajar, jangan heran kalau masih banyak kekurangan di sana-sini, hehe*

secara singkat mekanisme aktivasi mitogen :
senyawa mitogen akan berikatan dengan mitogen receptor dan membawa guanine-nucleotide exchange factor Sos ke membran sel. Hal ini menyebabkan Ras yang terikat pada membran sel teraktivasi kemudian merekrut dan mengaktivasi protein kinase Raf. Raf akan mengaktivasi jalur MAP kinase, hingga MAP kinase yang terakhir menghantarkan sinyal mitogenik ke nukleus. Kemudian terjadi aktivasi protein regulator yang meningkatkan transkripsi gen-gen, antara lain Myc dan Fos. Nah, Myc dan Fos ini akan mengaktifkan transkripsi gen lain, termasuk gen yang menyandi cyclin fase G1.

*oke, saya tau ini membingungkan dan terlalu banyak kata 'aktivasi',hehe*

Salah satu gen penting yang diaktivasi melalui jalur di atas adalah Fos. Fos akan mengaktifkan kompleks faktor transkripsi AP-1 yang merupakan dimer dari Fos. AP-1 akan memacu ekspresi second wave of genes  yang disebut delayed responses genes. Ekspresi ini menghasilkan protein cylin D1, dimana protein ini dibutuhkan untuk memasuki fase G1 dalam siklus sel.

Protein lain yang juga penting dalam rangkaian aktivasi ini adalah Myc. Myc bersama dengan kompleks regulator gen lain akan meningkatkan ekspresi berbagai gen, antara lain Cyclin D2 dan Cdk4 sehingga akan memacu sel memasuki fase G1. Selain itu, Myc juga memacu ekspresi berbagai hormon pertumbuhan dan metabolisme.

Ini masih gambaran secara umum aja sih, saya juga baru baca sedikit tentang ini, tapi semoga ada manfaatnya, amin :)

p.s. : kalo ada yang baca dan menemukan sesuatu yang ambigu atau kurang sreg, dikomentari aja, terimakasih banyak untuk masukannya :D

Daftar Pustaka :
Morgan, David Owen, 2007, The Cell Cycle : Principles of Control, New Science Press Ltd, London

2 comment:

muchtar affandi mengatakan...

suuupeeeeeer sekaliiii..
sekalipun ada yang ambigu atau kurang sreg saya ga akan tau, karena emang ga ngerti
:D

yonikaa mengatakan...

huahaha
supersekali saya liburan ini *boong banget -___-"
lebih tepatnya nganggur sekali saya liburan ini, mpe sempet bikin kayak ginian :p

Posting Komentar

speak up! ;)