Rasa ingin berhasil vs rasa takut gagal

on Senin, 31 Januari 2011
Rasa ingin berhasil selalu didampingi rasa takut gagal

entah kenapa kata-kata si om mario tadi malam begitu menghantui saya. Dan dari yang saya tangkep tadi malem, si om bilang kalo rasa takut gagal itu bisa menghambat rasa ingin berhasil kita. Ketakutan-ketakutan akan segala kemungkinan gagal yang ada pada impian kita bisa mengurangi tenaga kita untuk meraihnya.

Nah, dan gatau kenapa tiba-tiba saya terlibat dengan random talk dengan diri saya sendiri. Saya jadi bertanya-tanya : Emang gag ada sisi positif dari rasa takut gagal? Setelah terlibat pembicaraan yang cukup alot dengan pikiran saya *oke ini gag usah dibayangin* dan melihat-lihat ke belakang *maksudnya apa yang sudah saya alami*, saya menemukan sedikit sisi positif dari rasa takut gagal itu. Wow! *oke saya lebay*

Selama ini mindset saya tentang belajar adalah saya gag ingin dapet nilai jelek, karena nanti rasanya saya akan mengecewakan orangtua saya *buat mereka, pendidikan yang utama*, dan terkadang keberhasilan daam pendidikan itu terukur dari nilai-nilai saya, saya bisa masuk sekolah favorit *oke ini mindset yang salah banget, buat saya juga*. Dan saya baru menyadari, berarti saya mendapatkan tenaga karena saya takut nilai saya jelek. Anloginya : dapet nilai jelek=gagal. So, saya takut gagal kan? Dan rasa takut akan kegagalan ini bisa memberi tenaga agar saya belajar.

Nah, tapi kemudian emang beda porsi tenaganya antara rasa ingin berhasil dan rasa takut gagal yang saya sebutkan tadi. Ketika saya melakukannya karena saya takut gagal, saya hanya fokus pada sesuatu yang sempit, saya hanya akan berusaha untuk menghindari kegagalan itu, dan bukan menjadi yang terbaik. Efeknya ya kalo dalam perkuliahan, motivasinya cuma buat ngejar nilai aja.

Sedangkan kalo berdasarkan rasa ingin berhasil, saya akan belajar karena saya ingin tahu tentang hal itu, sehingga seharusnya bukan hanya mengejar nilai saja, tapi benar-benar paham. Nah, ini nih yang lebih sulit, hehe. Menemukan motivasi itu, menemukan interest saya dimana, dan mengubah mindset dari yang 'takut gagal' menjadi 'ingin berhasil'. Saya masih harus banyak banyak banyak sekali belajar, tapi hidup memang untuk belajar kan?*klise abis, alibi, pembenaran diri,haha*

jadi menurut saya harusnya judul tulisan ini : 'meng-upgrade rasa takut gagal menjadi rasa ingin berhasil' *dan kenapa gag saya tulis begitu? entahlah, saya mau melakukan random talk lagi deh dengan diri saya*


0 comment:

Posting Komentar

speak up! ;)